Kamis, 06 Desember 2012

Kombinasi Investasi Paling Menguntungkan

Anda membutuhkan informasi mengenai investasi yang paling menguntungkan untuk tahun 2013, 2014 dan tahun-tahun berikutnya?

Ada SATU cara termudah untuk menentukannya, yaitu dengan sebuah pendekatan yang kami sebutkan sebagai Investor Bijak dengan menggunakan 2 buah pertanyaan sederhana:
  1. Apa tujuan investasi yang ada dalam pikiran Anda? Apakah Anda butuh investasi yang bisa segera dicairkan dalam keadaan darurat, atau yang aman, atau yang bisa bertumbuh, atau yang akan memberikan penghasilan besar?
  2. Apakah pilihan investasi yang tersedia, seperti opsi  investasi likuiditas, keamanan, pertumbuhan, atau income yang besar, sesuai dengan opsi investasi yang Anda prioritaskan di atas tadi.
Apabila Tujuan Investasi Anda adalah Likuiditas:
Jika Anda memerlukan akses yang segera untuk menarik uang Anda setelah Anda menginvestasikannya, jangan ambil pilihan investasi dengan tujuan untuk pertumbuhan seperti halnya saham atau reksa dana saham, obligasi jangka panjang, dan properti atau real estate. Anda juga tidak mungkin memilih opsi investasi yang akan memberikan keuntungan atau penghasilan yang lebih tinggi. Untuk tujuan investasi ini, sebaiknya Anda menginvestasikan uang dalam rekening tabungan di bank agar tetap likuid di bank asal Anda bersedia menerima return  (imbal hasil) yang rendah. Adakalanya return tersebut berada di bawah tingkat inflasi, bahkan ada yang habis termakan oleh biaya administrasi, khususnya untuk investasi di bawah Rp.10 juta. Pengorbanan ini disebabkan Anda membutuhkan dana yang bersifat darurat. Oleh karena itu kami sarankan agar jangan menginvestasikan semua uang Anda pada opsi investasi ini. Anda perlu membuat piramida investasi, dimana Anda merencanakan porsi uang Anda pada semua opsi yang ada, agar menghasilkan imbal hasil rata-rata yang tinggi.

Apabila Tujuan Investasi Anda adalah Keamanan:
Jika Anda tidak mau mengambil risiko kerugian, jangan ambil pilihan tujuan investasi untuk pertumbuhan seperti saham atau reksa dana saham. Untuk tujuan investasi ini, sebaiknya Anda menginvestasikan uang dan menjaganya agar tetap aman dalam bentuk deposito di bank asal Anda bersedia menerima return  (imbal hasil) yang juga rendah dibandingkan tingkat inflasi. Tetapi Anda tetap bisa memilih opsi investasi yang akan memberikan keuntungan atau penghasilan yang lebih tinggi dari tingkat inflasi, namun tetap aman, misalnya di Simpanan Berjangka Sejahtera Prima yang saat ini masih memberikan suku bunga 15% per tahun atau 1¼ % per bulan. Pada awal 2013, jenis simpanan ini akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan, sehingga suku bunganya akan sedikit lebih rendah.

Apabila Tujuan Investasi Anda adalah Pertumbuhan:
Apabila Anda tertarik untuk berinvestasi dengan horizon jangka panjang (seperti untuk persiapan pensiun) dan siap menginvestasikan uang Anda untuk tujuan PERTUMBUHAN, maka Anda sebaiknya memperhatikan saham dan real estate. Bagi kebanyakan orang pilihan investasi terbaik untuk PERTUMBUHAN ini adalah reksadana saham yang terdiversifikasi. Apalagi reksadana menawarkan bentuk investasi dengan likuiditas yang baik jika Anda ingin uang Anda kembali.Secara umum, investor dengan fokus jangka panjang ini siap menerima resiko untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Apabila Tujuan Investasi Anda adalah Penghasilan Tinggi:
Selama 30 tahun terakhir investasi uang dalam dana obligasi adalah yang paling sederhana dan mungkin pilihan investasi terbaik bagi orang kebanyakan yang ingin PENGHASILAN TINGGI. Portofolio Investasi ini menghasilkan bunga yang lebih tinggi (dibayarkan kepada investor sebagai dividen) dibandingkan rekening tabungan bank. Namun ada penghasilan yang dijamin akan memberikan penghasilan 100% atau lebih dalam setahun, yaitu dengan berinvestasi di tanaman singkong.

Kesimpulan: Dalam menginvestasikan uang, sebagai Investor Bijak, pertama-tama Anda harus memiliki tujuan dalam pikiran Anda, lalu buat peringkat pilihan Anda dalam hal tujuan untuk likuiditas, keamanan, pertumbuhan, dan pendapatan. Itulah satu-satunya cara dalam menemukan pilihan investasi terbaik Anda yang menghasilkan penghasilan rata-rata tinggi (averaging-up). Akan jauh lebih baik apabila komposisi investasi ini diikuti dengan menabung di Koperasi52.com, karena hanya dengan menginvestasikan uang sebesar Rp.100.000,- bisa menghasilkan passive income secara permanen 1000 kali lipat per bulannya, asal mengikuti aturan main yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar